Sunday, March 27, 2011

KRITERIA KETUNTASAN INDIVIDU DAN KLASIKAL SISWA


Untuk menenetukan ketuntasan belajar siswa (individual) dapat dihitung dengan menggunakan persamaan sebagai berikut (Trianto, 2010: 241):
KB =  x 100%
Di mana: KB = ketuntasan belajar
                 T   = jumlah skor yang diperoleh siswa
                T1  = jumlah skor total
            Setiap siswa dikatakan tuntas belajarnya (ketuntasan individu) jika proporsi jawaban benar siswa ≥ 65%, dan suatu kelas dikatakan tuntas belajarnya (ketuntasan klasikal) jika dalam kelas tersebut  terdapat ≥ 85% siswa yang telah tuntas belajarnya (Depdikbud dalam Trianto, 2010: 241).
            Tetapi, menurut Trianto (2010: 241) berdasarkan ketentuan KTSP penentuan ketuntasan belajar ditentukan sendiri oleh masing-masing sekolah yang dikenal dengan istilah kriteria ketuntasan minimal, dengan berpedoman pada tiga pertimbangan, yaitu: kemampan setiap peserta didik berbeda-beda; fasilitas (sarana) setiap sekolah berbeda; dan daya dukung setiap sekolah berbeda. Maka dalam penelitian ini, sesuai dengan KKM mata pelajaran matematika di sekolah tempat peneliti melakukan penelitian, maka ketuntasan individual adalah 65 dan ketuntasan secara klasikal adalah 85%.

Sumber:
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

========================================================================
Berdasarkan permintaan dari akun Anonim, saya bantu untuk capture foto halamannya dari referensi.
Senang dapat membantu.


33 comments:

Anonymous said...

tulisan yang bagus, smoga bermanfaat, tapi klo bisa referensinya di buat ya

Arigus Pendi said...

Trimakasih banget ya bang Sofi! Ternyata ketuntasan belajar yang saya cari dari kutipan trianto ada di blog abang.
(Salam UNA)

Saufi G (LITERASI ASAHAN) said...

Ok, jangan lupa terus cek blog saya ya.
Anak FKIP UNA ya, prodi apa?

BangAjie said...

thanks mas.. ini membantu sekali. mampir2 ke blog sya ya

Saufi G (LITERASI ASAHAN) said...

oke sama-sama. terimakasih sudah berkunjung

unna naylul said...

apakah ada teori yang mengatakan bahwa ketuntasan hasil belajar klasikal itu 75%, atau 70% ...??
Mohon sekali infonya...

Saufi G (LITERASI ASAHAN) said...

Naylul Munna: berdasarkan buku Nana Sudjana, ada disebutkan bahwa ketuntasan belajar berkisar antara 75-80%, tetapi untuk 70% saya belum dapat teorinya.

Saufi G (LITERASI ASAHAN) said...

ini saya kutipkan dari Nana Sudjana judul bukunya Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, halaman 8.
"Dalam konsep belajar tuntas, biasanya keberhasilan siswa ditentukan kriterianya, yakni berkisar antara 75-80 persen. Artinya, siswa dikatakan berhasil apabila ia menguasai atau dapat mencapai sekitar 75-80 persen dari nilai yang seharusnya dicapai" Semoga Bermanfaat. terimakasih.

unna naylul said...

judul bukunya apa ya kira-kira yg nana sudjana ttg ketuntasan hasil beajar scara klasikal antara 75%-80%...???
kalau tidak referensinya tolong di upload atau di postkan,, soalnya butuh buat bged buat tinjauan pustaka skripsi..
sblmnya trimakasih...

unna naylul said...

trimakasih infonya...

Saufi G (LITERASI ASAHAN) said...

sama-sama. senang bisa membantu...

alfen said...

terima kasih mas sangat bermanfaat, untung saja saya buka blog ni

alfen said...

makasih mas,, sangat membantu..., untung saya baca koment anda dengan saudari nailul muna

Saufi G (LITERASI ASAHAN) said...

Terimakash kembali Alfen. Bahagia rasanya dapat membantu.

Jari Bandel said...

Terima kasih artikelnya.
ijin bookmark gan, lgi butuh buat TA ttg hasil belajar.

MATIUS PURBA said...

Saufi Ginting... mjj kalimbubu.

Anonymous said...

boleh minta tolong fotoin halaman 241 sebagi bukti konsultasi skripsi? terimaksih banyak

Hidup adalah Ibadah said...

terima kasih banyak, postingan anda sangat membantu tugas saya.

Saufi G (LITERASI ASAHAN) said...

Oke. Bahagia dapat membantu semua

Unknown said...

Senang juga ns bc blognya mas saufi

Unknown said...

Terima kasih mas Sufi, sangat membantu

Saufi Ginting said...

Best lah. Salam dari Penerbit dan Percetakan Azka Gemilang Kisaran. Jl. Budi Utomo (samping Indomaret) Siumbut baru, Kisaran Timur, Asahan

Unknown said...

Terima kasih pak. Sangat bermanfaat

Saufi Ginting said...

yes...

Remaja said...

Wah, terima kasih sangat bermanfaat. . .kalau untuk teori aktivitas siswa secara klasikal ada?

Unknown said...

pak saya bisa minta di upload referensinya ini? buat rujukan skripsi syaa

Unknown said...

pak saya bisa minta di upload referensinya ini? buat rujukan skripsi syaa

Unknown said...

Alhamdulillah Terimakasih bermanfaat sekali untuk melengkapi search paper saya ...

rezky Anugrah Putri said...

Pak boleh minta foto bukunya tidak?

Unknown said...

Terima kasih, sangat bermanfaat

Anonymous said...

Hai mau tanya, apakah ada Pengertian Pembelajaran Tuntas secara Individu, dan Tuntas secara Klasikal? Kalau ada boleh minta link nya??

Saufi Ginting said...

Terimakasih atas atensi teman-teman. ini akun saya juga. Yang minta foto buku dan halamannya, sudah lama sekali saya unggah. Sila cek di atas. Untuk link tentang teori pembelajaran tuntas individu, klasikal, saya kira coba dulu di cari sama mas gugel.

Allisya Priko3012 said...

Terima Kasih Pak. Saya boleh mints refrensi buku nya untuk di fotokan pak yang tentang kriteria ketuntasan 75-80%