Sempat kewalahan juga mencari Strategi Scaffolding ini. Ternyata Scaffolding pertama kali
disebut sebagai istilah dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan anak usia
dini oleh Vygotsky pada tahun 1846. Pengertian istilah Scaffolding berasal dari istilah ilmu
teknik sipil yaitu berupa bangunan kerangka sementara atau penyangga yang
memudahkan pekerja membangun gedung, sementara pakar pendidikan mendefinisikan Scaffolding merupkan bimbingan yang
diberikan oleh seorang pembelajar kepada peserta didik dalam proses
pembelajaran dengan persoalan-persoalan terfokus dan interaksi bersifat positif
(Yamin, 2011: 165).
Menurut Wood (dalam Yamin, 2011: 166-167) Scaffolding diartikan sebagai dukungan pembelajaran kepada peserta
didik untuk membantunya menyelesaikan proses belajar yang tidak dapat
diselesaikan sendiri. Sehingga menurut Yamin (2011: 167) pengertian yang
disampaikan oleh Wood ini sejalan dengan pengertian ZPD (Zone of Proximal Development) dari Vygotsky, peserta didik yang
banyak tergantung pada dukungan pembelajaran untuk mendapatkan pemahaman berada
di luar daerah ZPD-nya sedang peserta didik yang bebas atau tidak tergantung dari
dukungan pembelajar telah berada dalam daerah ZPD-nya.
No comments:
Post a Comment