Sunday, January 1, 2012

Strategi Scaffolding

Sempat kewalahan juga mencari Strategi Scaffolding ini. Ternyata Scaffolding pertama kali disebut sebagai istilah dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan anak usia dini oleh Vygotsky pada tahun 1846.  Pengertian istilah Scaffolding berasal dari istilah ilmu teknik sipil yaitu berupa bangunan kerangka sementara atau penyangga yang memudahkan pekerja membangun gedung, sementara pakar pendidikan mendefinisikan Scaffolding merupkan bimbingan yang diberikan oleh seorang pembelajar kepada peserta didik dalam proses pembelajaran dengan persoalan-persoalan terfokus dan interaksi bersifat positif (Yamin, 2011: 165).
Menurut Wood (dalam Yamin, 2011: 166-167) Scaffolding diartikan sebagai dukungan pembelajaran kepada peserta didik untuk membantunya menyelesaikan proses belajar yang tidak dapat diselesaikan sendiri. Sehingga menurut Yamin (2011: 167) pengertian yang disampaikan oleh Wood ini sejalan dengan pengertian ZPD (Zone of Proximal Development) dari Vygotsky, peserta didik yang banyak tergantung pada dukungan pembelajaran untuk mendapatkan pemahaman berada di luar daerah ZPD-nya sedang peserta didik yang bebas atau tidak tergantung dari dukungan pembelajar telah berada dalam daerah ZPD-nya.

No comments: