Sunday, May 26, 2013

PENULIS ITU

oleh: MUHAMMAD SAUFI GINTING

"Jam kerja" penulis itu tergantung penulisnya sendiri, tapi jika ingin menjadi penulis sejati tergantung pada (1) niat yang baik lagi benar, (2) punya keberanian: berani dibaca orang lain, berani dipublikasikan, berani dikritik (bahkan dicela), (3) memiliki idealisme yang kuat, (4) memiliki wawasan yang cukup, dan yang terakhir, bukan di nomor 1 adalah (5) tahu teknik menulis, sebab kalau pas nulis mikirin bagaimana teknik akhirnya penulis lebih banyak ketakutan untuk menulis. makanya urutannya teknik adalah yang ke 5. Tulis saja apapun, sebab teknik penulisan bisa sambil jalan. Dari kesemua itu adalah "jam terbang" menulisnya, bukan kebanyakan mengikuti kelas menulis, tapi tak pernah praktik.
Sehubungan dengan ide, penulis itu seperti nelayan. (1) nelayan pemalas: duduk di pinggir pantai, menunggu ikan besar di pantai, mungkin, tapi bisa jadi 1 tahun sekali, dan (2) nelayan kreatif: menggunakan bermacam-macam cara mendapatkan ikan; mancing, pakai jala, berjmaah nangkapnya, pakai mesin.
nah penulis pemalas beranggapan bahwa ide itu seperti wahyu, menunggu-nunggu wahyu baru bisa menulis puisi indah, cerpen apik, penulis ini akan menjadi penulis yang miskin; miskin karya, miskin materi.
Penulis kreatif menangkap ide, sebab ide ada di mana-mana, di rumah, di lapangan, bahkan orang curhat pun bisa jadi ide, naik kendaraan umum, baca koran.
(rangkuman bedah buku Cinta Suci Zahrana malam ini, dari kang Abik dihttp://www.youtube.com/watch?v=a51Xe1oWeZA). Kalau begitu mari lanjut menulis juga terus membaca...