KLASIFIKASI HASIL BELAJAR
Menurut Sudjana (2009: 22-23), dalam
sistem pendidikan nasional, rumusan tujuan pendidikan menggunakan klasifikasi
hasil belajar dari Bloom yang secara garis besar membaginya menjadi tiga ranah,
yakni ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik.
Ranah
Kognitif berkenaan dengan hasil belajar intelektual yang
terdiri dari enam aspek, yakni pengetahuan atau ingatan, pemahaman, aplikasi,
analisis, sintesis, dan evaluasi. Kedua aspek pertama disebut kognitif tingkat
rendah, dan keempat aspek berikutnya termasuk kognitif tingkat tinggi.
Ranah
Afektif berkenaan dengan sikap yang terdiri dari lima
aspek, yakni penerimaan, jawaban, reaksi, penilaian, organisasi, dan
internaslisasi.
Ranah
Psikomotoris berkenaan dengan hasil belajar
keterampilan dan kemampuan bertindak. Ada enam aspek ranah psikomotoris, yakni
(a) gerakan refleks, (b) keterampilan gerakan dasar, (c) kemampuan perseptual,
(d) keharmonisan atau ketepatan, (e) gerakan keterampilan kompleks, dan (f)
gerakan ekspresif dan interpretatif.
Ketiga ranah tersebut menjadi objek
penilaian asil belajar. Di antara ketiga ranah itu, ranah kognitiflah yang
paling banyak dinilai oleh para guru di sekolah karena berkaitan dengan
kemampuan para siswa dalam menguasai bahan pengajaran.
No comments:
Post a Comment