Sunday, March 27, 2011

Number Head Together (NHT)


Number head together adalah pendekatan pembelajaran yang dikembangkan olegh Spencer Kagan untuk melibatkan lebih banyak siswa dalam reviu berbagai materi yang dibahas dalam sebuah pelajaran dan untuk memeriksa pemahaman mereka tentang isi pelajaran itu. Lie (2008: 58) mengatakan bahwa teknik ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling membagikan ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat. Selain itu, teknik ini juga mendorong siswa untuk meningkatkan semangat kerjasama mereka. Teknik ini bisa digunakan untuk semua mata pelajaran da untuk semua tingkatan usia anak didik.  
Alih-alih mengarahkan pertanyaan kepada seluruh kelas, guru menggunakan struktur empat langkah berikut ini:
Langkah 1-Numbering. Guru membagi siswa menjadi beberapa tim beranggota tiga sampai lima orang dan member nomor sehingga setiap siswa pada masing-masing tim memiliki nomor antara 1 sampai 5.
Langkah 2-Questioning. Guru mengajukan sebuah pertanyaan kepada siswa. Pertanyaannya bisa bervariasi.
Langkah 3-Heads Together: Siswa menyatukan “kepalanya” untuk menemukan jawabannya dan memastikan banwa semua orang tahu jawabannya.
Guru memanggil sebuah nomor dan siswa masing-masing kelompok yang memiliki nomor itu mengangkat tangannya dan memberikan jawabnya ke hadapan seluruh kelas (Arends, 2008: 16 dan Lie, 2008: 60).

No comments: