Sunday, March 27, 2011

STRATEGI BELAJAR


Secara bahasa, strategi bisa diartikan sebagai ‘siasat, kiat, trik atau cara’. Sedang secara umum adalah garis besar haluan dalam bertindak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Adapun strategi belajar mengajar bisa diartikan sebagai pola umum kegiatan guru-murid dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan. Atau dengan kata lain, strategi belajar mengajar merupakan sejumlah langkah yang direkayasa sedemikian rupa untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu (Faturrohman dan Sutikno, 2009: 3)
Strategi atau metode adalah komponen mempunyai fungsi yang sangat menentukan (Sanjaya, 2006:58). Lebih lanjut Sanjaya (2006:145) menegaskan metode adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah tersusun tercapai secara optimal. Ini berarti metode digunakan untuk merelasiasikan strategi yang telah ditetapkan.
Strategi belajar mengajar adalah pola umum perbuatan guru-siswa dalam mencapai tujuan, baik yang sifatnya instruksional maupun pengiring (Shaleh, 2001: 91).
Strategi pengajaran adalah keseluruhan metode dan prosedur yang menitikberatkan pada kegiatan siswa dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan tertentu (Hamalik, 2009: 201) 
            Dalam aplikasinya strategi pembelajaran memilik empat aspek yaitu:
  1. Urutan kegiatan pembelajaran, yaitu urutan kegiatan guru dalam menyampaikan materi atau isi pelajaran kepada peserta didik.
  2. Metode pembelajaran, yaitu cara guru mengorganisasikan materi pelajaran dan peserta didik agar terjadi proses belajar secara efektif dan efisien.
  3. Media pembelajaran, yaitu peralatan dan bahan pembelajaran yang digunakan guru dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
  4. Waktu yang digunakan guru dan peserta didik dalam menyelesaikan setiap langkah kegiatan pembelajaran (Warsita, 2008:25).
Dengan demikian, strategi pembelajaran merupakan perpaduan dari urutan kegiatan, cara pengoragnisasian materi pelajaran dan peserta didik, peralatan dan bahan, serta waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi atau tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.

No comments: